aspal pertamina

Aspal Pertamina Pen 60/70 | Produk Pertamina

Aspal Pertamina adalah salah satu produk unggulan yang diproduksi dan didistribusikan oleh PT Pertamina (Persero), perusahaan energi terbesar di Indonesia. Produk ini memiliki peran penting untuk jasa pengaspalan dalam pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia dan berkontribusi signifikan terhadap perkembangan negara ini. Mari kita telusuri lebih lanjut tentang Aspal Pertamina.

aspal pertamina

Apa itu Aspal Pertamina?

Pertamina menjadi satu satunya produsen Asphalt di Indonesia dengan kemampuan produksi mencapai 600.000 MT/tahun memiliki jaringan distribusi yang tersebar luas bekerjasama dengan distributor lokal mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Spesifikasi produk yang kami pasarkan saat ini adalah jenis Asphalt 60/70 disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi negara Indonesia yang beriklim tropis. Produk tersebut telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pekerjaan Umum Negara Republik Indonesia sebagai referensi dalam pengerjaan jalan nasional maupun propinsi.

Saat ini, Pertamina fokus memasarkan produk Asphalt untuk aplikasi konstruksi jalan. Namun dengan kehandalan R&D yang dimiliki oleh Pertamina perkembangan produk Asphalt saat ini juga akan menyediakan Asphalt Modifikasi sesuai dengan kebutuhan aplikasi jalan masa depan.

Apakah Pertamina Menjual Aspal ?

Ya, Pertamina menjual aspal sebagai bagian dari produk petrokimia yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Pertamina menawarkan produk aspal dalam berbagai jenis dan kemasan, seperti aspal curah, aspal emulsi, dan aspal drum. Produk aspal Pertamina tersedia di berbagai daerah di Indonesia melalui distributor resmi dan agen penjualan yang bekerjasama dengan Pertamina.

Pembelian aspal Pertamina dapat dilakukan melalui distributor resmi atau melalui layanan online yang disediakan oleh Pertamina. Selain itu, Pertamina juga memberikan dukungan teknis dan konsultasi untuk membantu konsumen dalam pemilihan jenis aspal yang sesuai dengan kebutuhan proyek mereka.

Baca Juga :   Standar Ketebalan Aspal Jalan Desa, Penting!!

Perbedaan Aspal Alam dengan Aspal Minyak

Aspal alam dan aspal minyak merupakan dua jenis aspal yang memiliki perbedaan dalam sifat, karakteristik, dan sumber bahan baku. Berikut ini perbedaan antara aspal alam dan aspal minyak:

  • Sumber Bahan Baku
    Aspal alam diperoleh dari endapan alam yang kaya akan bitumen, seperti danau aspal atau deposit bitumen padat. Aspal minyak di hasilkan dari proses penyulingan minyak mentah yang melalui tahap pemrosesan dan pengolahan untuk menghasilkan aspal dengan kualitas yang diinginkan.
  • Kandungan Bitumen
    Aspal alam memiliki kandungan bitumen yang lebih tinggi dibandingkan aspal minyak. Kandungan bitumen dalam aspal alam bisa mencapai 80%-90%, sedangkan aspal minyak memiliki kandungan bitumen sekitar 60%-70%.
  • Karakteristik
    Aspal alam memiliki sifat yang lebih elastis, tahan terhadap perubahan suhu, dan daya rekat yang kuat. Sementara itu, aspal minyak memiliki sifat yang lebih kaku dan rentan terhadap perubahan suhu. Namun, aspal minyak dapat diolah dan dicampur dengan berbagai bahan tambahan untuk meningkatkan kualitas dan karakteristiknya.
  • Penggunaan
    Aspal alam lebih jarang di gunakan dalam konstruksi jalan raya karena harganya yang relatif lebih tinggi dan ketersediaan yang lebih terbatas di bandingkan aspal minyak. Aspal minyak lebih sering di gunakan dalam industri konstruksi karena harganya yang lebih ekonomis dan ketersediaannya yang melimpah.

Berapa Kg Aspal Dalam 1 Drum ?

Satu drum aspal biasanya berisi sekitar 150 hingga 200 kilogram aspal, tergantung pada jenis aspal dan spesifikasi drumyang di gunakan. Berat aspal dalam satu drum juga bisa bervariasi karena faktor-faktor seperti kepadatan aspal, kandungan bitumen, dan suhu penyimpanan. Penting untuk memeriksa informasi spesifik dari produsen atau distributor aspal untuk mengetahui berat aspal yang tepat dalam satu drum.

Baca Juga :   Jasa Pengaspalan Jalan Semarang

Spesifikasi Aspal Drum di Standar Industri

Spesifikasi aspal drum bergantung pada jenis aspal dan standar yang di gunakan dalam industri. Berikut ini beberapa spesifikasi umum aspal drum yang di hasilkan oleh Pertamina:

  1. Jenis Aspal
    Aspal drum Pertamina tersedia dalam beberapa jenis, seperti aspal penetrasi, aspal oksidasi, dan juga aspal modifikasi. Masing-masing jenis aspal memiliki karakteristik yang berbeda dan di gunakan untuk aplikasi yang berbeda.
  2. Kandungan Bitumen
    Kandungan bitumen dalam aspalt drum Pertamina berkisar antara 60%-70%. Kandungan bitumen yang lebih tinggi akan memberikan kekuatan rekat yang lebih baik dan ketahanan terhadap perubahan suhu.
  3. Viskositas
    Viskositas aspal drum Pertamina sesuai dengan standar SNI dan ASTM. Viskositas aspal menentukan kemudahan dalam pengaplikasian dan pemadatan aspal pada proyek konstruksi jalan.
  4. Kestabilan
    Aspal drum Pertamina memiliki kestabilan yang baik terhadap perubahan suhu dan beban lalu lintas. Hal ini penting untuk memastikan kinerja jalan yang optimal dan umur jalan yang panjang.
  5. Kemasan
    Aspal drum Pertamina di kemas dalam drum logam atau plastik yang tahan karat dan kebocoran. Kemasan ini di rancang untuk memudahkan pengangkutan dan juga penyimpanan aspal.
  6. Sertifikasi
    Aspal drum Pertamina telah memenuhi standar kualitas nasional (SNI) dan internasional (ASTM), serta mendapatkan sertifikasi dari lembaga yang berwenang. Hal ini menjamin kualitas produk aspalt yang di hasilkan oleh Pertamina.

Aspal Pertamina Kualitas Terbaik

Dalam kesimpulannya, aspalt Pertamina merupakan produk berkualitas tinggi yang di hasilkan oleh perusahaan energi terkemuka di Indonesia. Dengan mengetahui perbedaan antara aspal alam dan aspal minyak, berat aspal dalam satu drum, dan spesifikasi aspal drum, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih produk aspal yang sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi jalan Anda. Selalu pastikan untuk membeli aspalt dari distributor resmi Pertamina untuk mendapatkan produk asli dengan kualitas terjamin.

Baca Juga :   Aspal Concrete (Aspal Beton) Pengertian dan Fungsinya

Sebagai bagian integral dari pembangunan negara ini, Aspal Pertamina terus menjadi pilihan terpercaya dalam proyek-proyek konstruksi jalan di Indonesia. Keandalannya dalam memenuhi standar mutu dan juga dukungannya terhadap pembangunan infrastruktur menjadikannya salah satu produk yang tak tergantikan dalam pembangunan masa depan Indonesia.

Gulir ke Atas